Apa Perbedaan Blogger.com, WordPress.org dan WordPress.com - Di zaman yang serba canggih ini, untuk memiliki sebuah blog atau Website tidaklah sulit, banyak sekali platform blogging yang menawarkan membuat blog secara gratis yang bisa anda coba seperti Blogger, Wordpress, Joomla, Wix, Tumblr dan masih banyak lagi.


Dari beberapa layanan tersebut tentunya akan ada perbedaan yang menjadikan anda harus memilah dan memilih layanan mana yang tepat digunakan untuk membuat blog/website. Dan di artikel berikut ini saya akan membahas tentang perbedaan antara blogspot atau blogger dan Wordpress.

Perbedaan Antara Blogger.com, Wordpress.com dan Wordpress.org

Blogger adalah salah satu platform blogging yang sangat cocok bagi para pemula yang baru mengenal dunia blogging dan ingin memperdalam tentang blog. Jika anda baru di dunia blogging pasti akan membingungkan diantara harus memilih Blogger, WordPress.com atau WordPress.org (Self Host).

Jika anda masih bingung tentang 3 platform blogging di atas, disini saya akan membuat perbandingannya. Semoga setelah sobat membaca artikel ini, sobat langsung bisa menentukan platform blogging mana yang cocok dan paling sesuai dengan anda.

1.Blogger
Blogger didirikan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh google pada tahun 2003. Pada tahun 2006, setiap akun yang dinaungi google lebih bisa diandalkan. Dan Blogger atau Blogspot merupakan penyedia Layanan gratis yang dinaungi oleh google.

Anda harus mempunyai akun Gmail Untuk menikmati layanan Blogger dan Mendaftar blog. Dan dengan menggunakan platform blogger, kedepannya anda juga bisa melakukan Custom Blog tersebut dengan Top Level Domain (TLD) sesuka anda. Dengan cara ini Situs anda akan terlihat lebih profesional dan dipercaya.

2.WordPress.com Atau WordPress.org
Tahukah anda bahwa WordPress.com dan WordPress.org sebenarnya adalah 2 Platform yang sangat berbeda. Meskipun keduanya berasal dari perusahaan yang sama, akan tetapi ada perbedaan yang sangat besar di antara keduanya.


  • 2.1.WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting yang dibuat oleh VO-Founder WordPress, yaitu Matt Mullenweg. Jika anda menginginkan Versi gratis, silahkan memakai wordpress.com. Sedangkan untuk para penulis profesional, pasti mereka lebih memilih menggunakan WordPress.org yang berbayar karena mereka lebih leluasa mengembangkan tanpa ada batasan.

Seperti halnya di Blogspot, ketika anda membuat blog menggunakan WordPress.com, maka anda akan mendapati domain utama milik Wordpress, Contoh : www.bloggerblitar.wordpress.com.

Tidak hanya itu, WordPress.com juga hanya menggratiskan 3GB ruang penyimpanan. Dan jika anda ingin penyimpanan lebih, anda harus beralih ke layanan berbayar.

2.2.WordPress.org

Dengan menggunakan WordPress.org (Self Host), maka sobat mempunyai akses penuh terhadap blog atau website anda. Lakukan yang anda inginkan, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Karena dengan menggunakan WordPress.org, anda bisa mengendalikan situs anda tanpa batasan. Yang anda butuhkan Hanya Domain dan Hosting.

Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat memilih WordPress.org untuk membangun Website anda:


  • Anda mempunyai akses penuh terhadap website anda.


  • Anda dapat menambahkan plugin WordPress Gratis, Berbayar dan anda juga bisa memodifikasi Plugin tersebut, lalu memasukannya ke dalam Website anda.


  • Anda bisa menyesuaikan desain Website sesuai kebutuhan.


  • Anda bisa menambahkan tema WordPress Gratis atau Berbayar sesuai kebutuhan.


  • Dengan menggunakan WordPress Self Host, anda bisa membuat Toko Online, Menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran kartu kredit, dan mengirimkan barang langsung atas nama anda.


  • Bisa Menginstall Plugin yang sesuai dengan jenis usaha anda


  • Membuat kursus berbasis Web atau memberi akses khusus untuk modul kepada anggota premium


  • Membangun komunitas online


  • Dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan WordPress Self Host, anda memerlukan Domain dan Hosting untuk website anda. Selain itu, sesuaikan ukuran penyimpanan pada hosting yang anda sewa sesuai dengan kebutuhan anda. Faktor lain yang harus menjadi bahan pertimbangan dalam membangun website berbasis WordPress Self Host adalah dengan ketersediaan plugin WordPress gratis atau berbayar.

Sekarang kita akan membandingkan di antara Blogger dan WordPress.

Blogger VS WordPress

*WordPress.org/WordPress.com


  • WordPress dapat mengimport banyak postingan dari blog yang menggunakan blogspot. Namun sebaliknya, blogspot tidak bisa mengimport postingan yang ada di WordPress.


  • WordPress menyediakan plugin-plugin yang memudahkan penggunanya untuk mengoptimalkan blog WordPress yang dimilikinya.


  • Halaman Dashboard WordPress lebih Easy Eye dibanding blogspot


  • Secara Khusus, dengan menggunakan WordPress Self Host maka kamu akan mendapatkan software WordPress yang telah tersedia dan siap untuk di install di Cpanell kamu, sedangkan Blogspot tidak ada.

* Blogspot/Blogger.com


  • Untuk custom domain atau domain berbayar Blogspot lebih unggul dari segi biaya, karena tanpa harus membeli paket hosting.


  • Pengguna blogspot dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan google sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + Domain.


  • Fitur Blogspot lebih User Friendly, Contohnya seperti fitur edit themes yang memudahkan pengguna untuk mengedit template dari Dashboard blogspot tersebut.


  • Blogspot memberikan full akses untuk penggunanya, meskipun kamu menggunakannya secara gratis. Sedangkan WordPress, kamu harus membayar dulu untuk mendapatkan itu semua.


  • Blogspot lebih cocok bagi para pemula yang ingin membuat blog secara gratis dengan full akses dan mencoba ingin bermain adsense.

Jika anda mempunyai pengalaman dengan ke-3 platform blogging seperti diatas yang ingin anda bagikan, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar. Atau anda mempunyai versi sendiri mengenai platform tersebut, Silahkan tinggalkan di kolom komentar. Kita diskusikan bersama.

Demikian artikel dari saya tentang Apa Perbedaan Blogger.com, WordPress.org dan WordPress.com, Semoga artikel diatas bermanfaat dan menjadi referensi bagi sobat semua dalam memilih situs blogging. Terima Kasih